Pages

Upgrade memory pc anda






 Upgrade memori pc anda!






Random access memory (perangkat keras/hardware) yang biasa disebut dengan istilah RAM, merupakan salah satu jenis alat penyimpanan data pada komputer atau media elektronik lainnya (PDA, handphone, notebook dll...). Fungsi ram sendiri yaitu untuk menyimpan intruksi sementara dari komputer untuk mengeluarkannya ke output device. Artinya bila komputer dimatikan, semua intruksi atau data yang telah di simpan sementara di ram akan hilang.


  Efek penambahan memori akan sangat terasa bila anda sering menjalankan banyak aplikasi di pc atau saat meloading game yang berat. Penambahan ram juga akan meringankan kerja hard disk yang terus menerus, dan saat anti virus melakukan fungsi scan, sistem tidak langsung hang atau program menjadi not responding. Efek lainnya, program yang baru ditutup, misalnya MS Word, akan dengan cepat terbuka jika di jalankan kembali karena masih termuat dalam sistem cache memori.


    Dalam memilih ram janganlah terpaku pada merk saja, tetapi lebih pada chipset yang di gunakan pada memory tersebut. Karena akan berpengaruh besar pada kecepatan dan stabilitas kerjanya. Beberapa chipset yang sudah terkenal diantaranya adalah samsung tccd, hynix, dan infineon.


    Bila anda memiliki mainboard yang support dual channel sebaiknya gunakan dua keping memory untuk mendapatkan metode dual akses memory untuk kinerja yang lebih baik. Semakin besar kapasitas ram anda semakin baik kinerja pc/laptop anda. Saya menyarankan 1gb untuk windows xp/Ubuntu terbaru , bila anda penggemar game 2gb sudah mencukupi.

      Upgrade memory adalah langkah termudah dan hemat, bila anda ingin menambah kinerja pc atau laptop anda. Pemasangan juga relatif  mudah, setelah casing dibuka sisipkan RAM baru secara perlahan ke dalam slot hingga retaining clip pada kedua sisi slot berbunyi. Bila anda tidak yakin bisa memasangnya, anda bisa minta bantuan toko di mana anda membelinya.

Semoga bermanfaat....