Pages

Internet wireless unlimited





Setelah hampir setahun saya mencoba koneksi internet yang ditawarkan operator sellular indonesia,  saya merasa masih kurang puas, ( memang manusia gak ada puasnya x yaa.....? ). Karna masih banyak kekurangannya, walaupun paket yang di tawarkan adalah paket unlimited, bahkan ada yang bener-bener unlimited ( maksudnya unlimited kuota dan pemakaian ). Dengan berbagai alasan, mulai yang sering down, idle, terus terbatas sama sinyal juga ( Terkadang sinyal naik turun, seperti rel sleting celanaku ) Wakakkaka........ 


Saya sudah mencoba dari operator GSM, yang sudah memiliki kemampuan HSDPA (katanya di atas 3G ), Operator CDMA yang sudah EVDO Rev-A,  Tapi hasilnya speednya tetap saja tidak sesuai dengan yang di janjikan di iklan ( mungkin saya kurang beruntung ). Saya mencoba mulai dari paket A, B, C ( mungkin sampai Z ) tetep aja kurang, walaupun ada yang bagus tapi harus dibayar dengan harga yang lumayan tinggi (waduh bisa-bisa gajiku cuma buat bayar internet aja nich). Kata orang-orang di indonesia koneksi internet pelit,  (mungkin anggapan yang keliru).



    Dan kalau sudah begini solusinya bagaimana?

              ( saya ada pengalaman pribadi )



Seminggu sebelum masa aktif koneksi internet prabayarku berahir, saya mulai memikirkan apa saya akan membeli pulsa untuk isi ulang atau pindah operator lagi. wakakakkka........     




Sorenya saya main ketempat temen saya yang punya konter juga, saya bertanya.
Man, kamu koneksi internet pake apa?
Pake wireless....  ( katanya )
Biayanya berapa? ( tanyaku )
Gratis....   

Apa...? gratis? 

Yang bener tuh? kok bisa?
Ya bisalah sayakan nembak hotspot ( katanya )
Wakakakkaaka.........
Saya mau dong, ajarin yaaaa.....???




Ternyata temenku itu pake antena wajanbolic (made in SENDIRI)  ditambah USB wifi dan kabel UTP yang di modif jadi USB yang panjangnya 12 meter. Weleh-weleh..... kok bisa yaaa.....????

Dan dia gunakan untuk nembak hotspot kampus yang jaraknya cuma -+1km. Ahirnya saya juga kepengen mencoba, dan saya minta bantuan temenku ini untuk survey wilayah saya pake laptopnya. 

Dan ternyata ada sinyal wifi yang tidak di proteksi, aduh......  girang banget saya....
Langsung besoknya saya ke Harco mangga dua nyari wifi USB  dan antena wajan bolic yang udah jadi. Saya pun mulai bertanya dari satu toko ketoko yang lain......
Ternyata tidak ada yang menjual antena wajan bolic
wakakakaka......   katanya musti pesen di internet. 

Temen saya menyarankan menggunakan antena grid kenbotong + USB Tp link TL-WN 422G sekalian beli kabel pigtail dan kabet UTP merek belden 15meter.

Harganya lumayan juga nich....
Usb wifinya Rp.163000 
Antene grid Rp.395.000
Pigtail Rp.45.000 
Kabel UTP Rp. 5000/meter  ( merek Belden )



Setelah semuanya siap, dengan bantuan temen saya ini, mulailah merakit perangkat wireless client.
Eh... Ternyata ada yang kurang, tiang nya belum ada.... Terpaksa beli tiang juga yang 2inchi 6 meter harganya 180rb. 

Setelah selesai di rakit, antenapun di naikkan, USB di colokin ke komputer Linux UBUNTU 9.04 ( Ternyata Usb wifinya langsung ketedek )
Ubuntu emang hebat, tanpa driver langsung konek.

Dan ini dia hasilnya......
saya dapet 4 sinyal yang tidak di protek






dan ini hasil koneksinya......

 Ahirnya saya bisa mendapatkan internet gratis tis tis.
Cuma beli perangkat wireless nya aja.